Workshop KaTa Kreatif di Yogyakarta

 


Yogyakarta,SEMARANG Post - Kota Yogyakarta memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar, khususnya pada subsektor aplikasi, kuliner,fesyen, kriya serta film, animasi dan video yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. 

Namun demikian, diperlukan kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif dalam menjangkau pasar lebih luas dengan memanfaatkan teknologi saat ini.

Pada kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Kreatif Indonesia di Kota Yogyakarta yang merupakan lokasi ke-sebelas dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2024, 

Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kota Yogyakarta agar terus berinovasi, dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas salah satunya melalui Penyelenggaraan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia. 

Kegiatan Workshop KaTa Kreatif Kota Yogyakarta dilaksanakan pada Sabtu 20 Juli 2024 di Ndalem Ngabean Resto Kota Yogyakarta dan diikuti para pelaku ekonomi kreatif yang berdomisili di Kota Yogyakarta sebanyak 150 peserta.

Kegiatan workshop ini merupakan aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya. 

Kemenparekraf/Baparekraf terus memberikan penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kota Yogyakarta yang terus berkomitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya.

egiatan workshop ini selain dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Singgih Raharjo; Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko; Direktur Pengembangan Destinasi I, Utari Widyastuti dan Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Agustin Peranginagin. 

Pada kesempatan yang sama kegiatan workshop diisi oleh 2 (dua) orang narasumber yaitu Wiendu Nuryanti yang menyampaikan materi Sosialisasi Pendampingan Pengusulan UNESCO Creative Cities Network dan Saga Iqranegara selaku Ketua Umum Asosiasi Digital Kreatif (ADITIF).

Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kota Yogyakarta ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat berdaya saing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya, serta dapat meningkatkan sinergisitas antar pemangku kepentingan dalam rangka penguatan jejaring diantara para pelaku ekonomi kreatif.

Kontributor : Ovi Patma
Editor: Anast
Lebih baru Lebih lama
CLOSE ADS
CLOSE ADS